Monday, June 1, 2015

Seminar Wirausaha "Bisnis di Era MEA"

Sabtu, 30 Mei 2015, Direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bambang Suharno tampil sebagai pembicara tunggal pada seminar wirausaha yang diselenggarakan Mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara. Acara yang mengambil tema "Kiat Jitu Memulai dan Mengembangkan Usaha dalam skala Mikro dan Menengah Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)" ini  berlangsung di sebuah restoran taman di Bekasi dan diikuti oleh 70an peserta dari mahasiswa S2, S1, serta utusan dari beberapa kampus di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Acara dibuka oleh Direktur Pascasarjana Universitas Bhayangkara Dr. Anton Wachidin Widjaya SE MM. Dalam presentasinya Bambang menjelaskan mengenai keunggulan Indonesia dalam persaingan antar negara ASEAN antara lain sektor pariwisata, ekonomi kreatif, industri kuliner, sektor perikanan dan kelautan. "Pariwisata di Indonesia sungguh luar biasa, namun kita sendiri kurang menyadari sehingga kita merasa seolah-olah keindahan Indonesia dengan budayanya yang beraneka ragam, kita anggap sebagai hal biasa," kata Bambang.

Ia menambahkan, Malaysia penduduknya 25 juta, jumlah wisatawannya 25 juta. Indonesia berpenduduk 240 juta, jumlah wisatawan asingnya juga 25 juta. "Ini berarti kita masih punya peluang yang sangat besar untuk meraih perkembangan ekonomi dari dunia wisata," katanya.

Bambang menegaskan, soal kemampuan daya saing negara adalah tanggungjawab pemerintah. Masyarakat, dalam hal ini dunia usaha, hanya berusaha sebaik mungkin untuk menangkap peluang yang ada. Maka pemerintah perlu peka terhadap apa yang dialami dunia usaha.


Dr Anton (kanan) meberi cindera mata ke Bambang Suharno
Dalam hal kiat bersaing, ia menyampaikan beberapa kasus yang membuat pelaku usaha tidak takut bersaing dalam situasi apapun. Ia menyampaikan strategi monopoli positif yang dilakukan oleh banyak pebisnis sukses, antara lain Gramedia, Starbuck, Bioskop 21 dan sebagainya. usaha mereka nyaris tidak bisa tersaingi , bisa dikatakan bebas menentukan harga seenaknya, tapi tetap laris. Bagaimana rahasianya bambang menguraikan dalam sesi akhir dari seminar ini.

Peserta sangat antusias menyimak paparan Bambang dan karena waktunya terbatas beberapa penanya belum sempat memberikan pertanyaannya. Dalam sesi akhir, Aditya Maulana, salah satu anggota Indonesian Entrepreneur Society (IES) yang merupakan wadah yang didirikan Bambang Suharno, menyampaikan pengalaman berwirausaha melalui sistem online. Aditya menjalankan beberapa bisnis salah satunya berjualan herbal secara online. Menurut Aditya, bisnis secara online ini sangat tepat sebagai sarana untuk memasarkan produk ke berbagai negara di era MEA nanti.

No comments:

Post a Comment