Saya mengerti, tidak mudah untuk membagi tugas karyawan yang
jumlahnya hanya 2 atau 3 orang. Untuk memudahkan pembagian tugas, biasanya
pemilik perusahaan mengatakan Si A bertanggungjawab mengelola kegiatan harian,
si B sebagai asistennya. Si C mencatat keuangan.
Urusan selesai? Jelas tidak. Anda sendiri mungkin main
perintah kepada semua karyawan anda. Ketika lantai kotor, anda bilang ke A,” coba lihat lantai kotor begini. Coba
segera bersihkan!”
Si A bergegas
langsung menyapu lantai. Si B tergopoh-gopoh membantunya. Sungguh, pemandangan
menggelikan ini sangat sering saya temui. Si karyawan pusing karena disuruh apa
saja harus mau, dan si pemilik pusing karena setiap hari harus berurusan dengan
persoalan sepele yang ujung-ujungnya dia harus mengontrol hampir semua
aktivitas harian.
Anda mengalami
persoalan serupa dengan uraian di atas? Jika ya,salah satu kuncinya adalah
menyusun struktur organisasi usaha anda. Karyawan baru tiga orang? Tenang saja,
karyawan 2 atau 3 orang bisa kita susun dalam organisasi bisnis yang sederhana
dan mudah diaplikasikan.
Perhatikan
baik-baik. Perusahaan besar`maupun kecil, organisasinya dibagi dalam dua
bagian, yakni bagian marketing dan bagian supporting agent (pendukung
pemasaran). Bagian marketing bertugas memasarkan produk, sedangkan bagian supporting agent bertugas mendukung
kelancaran tugas marketing, misalnya mencatat keuangan, surat menyurat,
penyediaan fasilitas kerja, admisnitrasi dan sebagainya.
Pola kerja
marketing dan supporting sangat berbeda. Cara kerja marketing adalah seperti
atlet lompat tinggi. Mereka bekerja atas dasar mengejar target penjualan.
Mereka akan berusaha bagaimana caranya supaya melampaui target.
Sedangkan bagian
supporting agent bekerja seperti orang menyetir mobil melewati portal. Mereka
bekerja atas dasar anggaran yang tersedia, dan selalu berusaha agar tidak melampauai
anggaran yang disediakan. Kondisi ideal terjadi apabila tenaga marketing dapat
melampaui target dan bagian supporting dapat bekerja dengan anggaran yang
efisien.
Untuk itulah karyawan
anda harus dibagi dalam dua tugas tersebut di atas. Misalkan karyawan baru 2
orang, anda bisa membaginya, satu bagian penjualan, satu lagi bagian
administrasi. Bisa juga satu khusus penjualan, satu lagi administrasi dan
membantu penjualan untuk pasar tertentu.
Selanjutnya
pertajam tugas mereka setiap bulan, sehingga lama-lama mereka bertanggungjawab
terhadap tugas masing-masing. Aturlah rapat bulanan untuk membahas bagaimana
caranya supaya penjualan terus meningkat. Dengan penjualan yang meningkat,
supporting agent dapat menyediakan fasilitas yang lebih baik untuk kelancaran
dan kenyamanan bekerja.
Bagi sebuah
organisasi bisnis skala kecil, satu orang karyawan bisa memiliki tugas rangkap.
Ini tidak masalah, yang penting tugas dan tanggungjawabnya jelas. Mungkin saja
suatu kali terjadi ada satu tugas yang belum jelas siapa yang harus bertanggung
jawab. Jika ada masalah demikian, anda dapat melihat apakah tugas tersebut
masuk dalam kategori marketing atau bukan. Tidak terlalu sulit bukan?
Nah, kelak dengan
penjualan yang terus meningkat, karyawan akan bertambah satu per satu. Anda
harus pandai-pandai melakukan prioritas. Pada tahap awal perkuat bagian
pemasaran. Selanjutnya pisahkan bagian keuangan dan administrasi umum.
Berikutnya lagi, bagian marketing bisa dibagi lagi, misalnya dibagi berdasarkan
kategori produk, kategori wilayah dan sebagainya. Berikutnya ada yang khusus
menangani promosi. Berikutnya lagi bagian supporting ada yang khusus bagian
pengiriman, bagian gudang dan seterusnya.
www.bambang-suharno.blogspot.com
No comments:
Post a Comment