Wednesday, March 15, 2017

IDE BISNIS: Cara Menagih Uang Kost dengan Iming-Iming Hadiah

Pada suatu forum pelatihan wirausaha beberapa tahun lalu, ada seorang peserta yang punya usaha kost-kostan untuk mahasiswa. masalahnya adalah ada beberapa anak kost yang suka menunggak pembayaran uang kost dengan alasan belum mendapat kiriman orang tua. Setelah diselidiki ternyata umumnya orang tua mengirim uang sesuai jadwal. Kadang mereka menunggak berbulan-bulan kemudian pindah kost tanpa pamit.

Bagaimana solusinya?


Saya punya pengalaman kost kira-kira 20an tahun lalu. Ibu kost sangat kreatif. Ia melakukan syukuran dengan memberi makan malam gratis jika semua anak kost membayar biaya kost bulanan. jadwal pembayaran uang kost adalah tanggal 5 setiap bulan. Maka tanggal 5 malam biasanya anak kost makan enak karena dikasih ibu kost.
Jika sampai tanggal 6 atau 7 belum ada makan malam gratis, kami anak kost saling bertanya, siapa yang belum membayar uang kost.

Apa yang terjadi, kami saling menagih, siapa yang belum bayar.
Sejak diberlakukan hadiah makan malam, ibu kost nggak perlu menagih satu per satu anak kost setiap awal bulan. Yang menagih adalah kami sendiri.

Ini adalah cara mendelegasikan pekerjaan yang sangat kreatif. Tidak perlu repot menagih uang kost, cukup dengan menyediakan makan malam dengan menu yang lumayan enak untuk ukuran anak kost. Kreatif kan?

Jika Anda punya usaha kost-kostan atau kontrakan dan sering kesulitan menagih uang kost bulanan, silakan terapkan ide ini.

Selamat mencoba

Bambang Suharno

2 comments: