Friday, January 21, 2011

Usaha Pilihan Para Pemula

Pilihan bisnis banyak macamnya, selama masih ada manusia maka peluangnya akan selalu ada. Terkadang kita bingung dengan begitu banyaknya pilihan dan bingung bagaimana memilihnya. Apapun usaha yang dipilih semuanya memiliki peluang yang baik dan juga ada resikonya. Sebenarnya tidak ada hal spesifik yang menjadi pilihan para pelaku usaha kecil dan pemula. Apapun jenis usahanya bisa dilakukan. Hanya saja, untuk usaha kecil beberapa jenis yang mudah dilakukan oleh para pemula sebagai berikut.

1. Usaha bidang makanan. Untuk usaha makanan tidak perlu memikirkan potensi pasar seluruh Indonesia, hanya satu kelurahan saja atau satu komplek perumahan saja, bisa menjual makanan dan bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.
2. Usaha Pakaian dan perhiasan. Semua orang membutuhkan pakaian dan perhiasan dengan berbagai bentuk. Mulai baju celana, sandal, topi, kacamata, serta berbagai asesoris dan perhiasan seperti jam tangan, cincin, dan kalung. Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus baik, variasi pakaian makin banyak.
3. Usaha yang terkait dengan tempat tinggal. Sama seperti makanan dan minuman, tempat tinggal dibutuhkan oleh semua orang di alam modern sekarang ini. Manjalankan usaha yang terkait dengan temoat tinggal peluangnya sama banyaknya dengan usaha renovasi rumah, servis peralatan rumah tangga, usaha peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, listrik, hiasan dinding, tempat tidur, dan kursi.
4. Usaha pendidikan. Negeri kita menganut sistem pendidikan yang dibiayai oleh masyarakat sendiri. oleh karena itu, peluang usaha pendidikan terus berkembang. Pendidikan yang dimaksud bisa pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Kebutuhan pendidikan terus berkembang, bukan hanya untuk masyarakat umum. Perusahaan-perusahaan yang mau maju pasti sangat peduli untuk mendidik karyawannya agar lebih terampil dan memiliki motivasi bekerja yang baik sehingga membutuhkan trainer dari luar. Dengan demikian, lembaga pendidikan in house training bisa berkembang.
5. Usaha yang terkait dengan rekreasi.Kebutuhan manusia modern salah satunya adalah rekreasi. Sebagan penduduk Jakarta, menikmati akhir pekan dan beristirahat dengan berekreasi ke puncak atau ke tempat lainnya. Ada juga yang istirahatnya cukup di rumah. Mereka semua membutuhkan sesuatu yang bila anda penuhi dapat menjadi peluang bisnis yang prospektif. Misalnya jasa sewa kendaraan untuk rekreasi, penyediaan perlengkapan rekreasi. Bagi yang di rumah, anda bisa menyediakan suasana rekreasi yang baik seperti permainan/game dan lain-lain.

Fr Buku Lagkah Jitu Menulai Bisnis dari Nol : Bambang Suharno

1 comment:

  1. Bagus sekali pilihan usaha untuk pemula nih..
    Saya juga tawarkan bagi siapa saja yang ingin membuat Kemasan Makanan

    ReplyDelete